10/01/10

Nothing for my final test (I think)...

Sabtu, 9 January 2010 @ SINTA 1 03.13 pm
Hari senin depan (11 Januari 2010) akan dimulai peperangan bagi seluruh mahasiswa IPB. Ya, hari itu adalah hari pelaksanaan Ujian Akhir Semester atau lebih terkenal dengan sebutan UAS. Tidak terasa memang sudah hampir meninggalkan semester 3 dan mulai menuju semester 4. Cepat banget kayaknya ya, sepertinya baru kemarin gw masuk IPB (hehe..). Entah mengapa untuk ujian kali ini gw merasa kurang bersemangat. Hal itu terlihat dari cara gw mempersiapkan diri buat menghadapi perang ini. Gw ogah-ogahan belajar, bro..entah mengapa gw merasa putus asa dan merasa pasrah dalam mengahadapinya. Peluru dan amunisi gw sama sekali belum siap untuk dipakai, belum ada isinya malah. Mental gw pun belum siap, gw gak merasa seperti orang mau ujian loh..gw lebih memilih tidur, main, makan, jalan-jalan, pokoknya hal-hal lain selain belajar. Klo pun gw belajar paling gak akan bertahan lama. Hmm..paling bantar 30 menitan lah, habis itu gw akan merasa gelisah alias bosan. Helooo..what’s wrong with you, Girl?? Gw gak tau kenapa gw jadi kaya gini. Seingat gw, klo mau ujian gw tuh selalu antusias dan selalu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

Kalau dibilang kecewa dengan nilai UTS gw mungkin ada benarnya. Nilai-nilai UTS gw parah euy..gw shock melihatnya. Padahal gw rasa gw udah mempersiapkan diri dengan baik, udah baca slide-slide sampe habis, udah ngerjain soal-soal latihan yang ada, pokoknya udah siaplah menurut gw. Tapi apa hasilnya? Gak ada nilai gw yang diatas 75!! Jujur gw malu dengan NRP gw, bener-bener malu gw!!!

Mari kita runut satu per satu yaa..
1. Kimia Pangan, gw dapet nilai 42 dan itu huruf mutunya E!! Wow, what the hell!! Seingat gw ini nilai yang paling pertama muncul. Soalnya itu ada 60 nomor dan pilihan ganda semua. Nilai tertingginya berapa ya..hmm..klo gak salah 75 deh. Tidak sedikit yang dapet nilai kaya gw. Jawabannya tuh ternyata bukan cuma satu aja, jadi kita boleh pilih dua pilihan jawaban yang kita rasa benar.
Oh iya sedikit info, waktu mau ujian Kimpang gw merasa kurang enak badan loh..kepala gw pusing dan badan gw lemes. Gw hampir gak mau ikit ujian tapi karena gak mau juga ikut ujian susulan jadi gw tetap memaksakan diri untuk ikut ujian hari itu juga. Dan hari-hari selanjutnya gw tetap memaksakan diri untuk ujian. Setelah ujian gw pergi periksa ke dokter dan ternyata gejala Thypus gw kambuh. Nah loooo..gw agak takut, bro. Secara gw sendirian di Bogor dan klo gw kenapa-kenapa siapa yang bisa tolong gw? Mamaaaaaa…huhuhuhu…Gw harus banyak istirahat dan makan teratur plus menghabiskan obat. Yaiks, I hate medicine!!
Back to Kimpang!!
Departement gw mengadakan ujian perbaikan (remedial). Awalnya gw bingung mw ikut remed apa gak soalnya denger-denger sistem penilaiannya adalah nilai awal+nilai remed trus dibagi 2. Nah, mengingat dan menimbang nilai gw yang amat sangat rentan itu maka gw memutuskan untuk tidak ikut. Klo nilai remed gw bahkan lebih kecil dari nilai UTS, matilah gw! Udah kelewat F kali huruf mutunya.
Tapi setelah gw cerita sama temen sekostan mengenai hal itu, temen gw bilang : “lu ikut aja, Tiur. Nothing to lose lah, yang penting lu udah usaha”. Nah, gw berpikir lagi mungkin dia ada benarnya juga. Jujur gw ini termasuk orang yang tidak berani mengambil resiko dan lebih senang bermain atau menetap di zona aman gw. Setelah menimbang-nimbang plus berdoa maka gw akhirnya ikut remed itu (thanks ya, Fawzia ^^). Gw minta diajarin sama temen sekelas gw, Stefani. Hasilnya belum diumumkan sih, tapi ya sudahlah. Serahkan pada Yang Maha Kuasa saja..

2. Biokimia Pangan Dasar gw dapat 56,72 klo gak salah. Ini nih salah satu mata kuliah yang juga cukup membuat kepala serasa mau meletus setelah ujian (perasaan semua ujian gw bikin kepala mau meletus semua deh..hehe). Lu bayangin aja masa pilihan jawaban sampe F (apa sampe I ya?gw lupa..)?? Ada yang benar semua, ada yang salah semua, a dan b benar, a dan c salah, dan lain sebagainya. Apa gak pusing tuh?? Bahkan kata Kakak kelas, waktu jaman mereka pilihan jawaban sampe I dan itu ada pilihan yang isinya hanya titik-titik doang, artinya klo lu pilih itu ya lu harus tulis jawaban yang lu anggap benar dan gak ada di pilihan jawaban lainnya. Nah loooo.. Huruf mutunya??gak tau gw!

3. Pengantar Teknologi Pangan alias PTP ini rupanya gak bisa dianggap enteng. Jawabannya cukup memusingkan looh..sistemnya kaya kimia pangan, yaitu boleh pilih dua pilihan jawaban yang dianggap benar. Gw tertipu dengan peraturan itu maka gw banyak mengisi soal dengan dua pilihan jawaban padahal sebenarnya kata Pak Eko yang punya jawaban dua itu hanya sekitar lima soal saja. Mampus gw!! Katanya klo kita pilih dua ternyata jawabannya hanya satu, kita salah. Kalo kita pilih satu tapi ternyata jawabannya dua, kita juga salah walaupun satu jawaban yang kita pilih itu benar. Ngeselin kan?? Hasilnya?? Gw dapat nilai 47 dan itu juga E..plok..plok..plok..hebat!!

4. Kimia Organik tuh momok bagi anak-anak ITP di tiap angkatan. Menurut sejarah, tiap tahun tuh pasti setengah angkatan mengulang mata kuliah ini. Mengapa?? Ya karena ujiannya susahlah!! Nilai UTS gw untuk Kimia Organik tuh 37 dan tentu saja huruf mutunya E lagi. Gw mengoleksi huruf mutu E ni…parah!!

5. Mikrobiologi Dasar sampe sekarang gak tau nasib nilainya gimana. Sampe sekarang nilainya gak keluar-keluar. Jadi gak tau deh huruf mutunya apa. Kata Kakak kelas sih tinggal nunggu di transkrip. Huuuu…gw gak suka kaya gitu! Soal Mikdas tuh banyak loh..ada benar-salah, pilihan berganda dan hubungan sebab-akibat. Udah kaya mo SNMPTN aja..

6. Penerapan Komputer lumayan bagus nilai gw. Gw dapat 72 tuh..tapi jangan salah, temen-temen gw juga tinggi-tinggi nilainya, yang paling tinggi 93. Huruf mutunya gak tw. Semester ini kayaknya lebih susah deh soalnya meterinya dari departemen ITP bukan dari departemen ILKOM lagi.

7. Metode Statistika tuh bikin pusing juga. Kita tuh kaya belajar sesuatu hal yang kasat mata dan tidak pasti. Rumusnya bejibun beudh..kita sih diperbolehkan bikin selembar catatan yang bisa dibawa masuk pas ujian. Jadi terserah kita mau isi apa aja di dalam kertas itu yang penting tulisan tangan. Gw dapat nilai 71. Gw gak tau huruf mutunya apa tapi yang pasti nilai gw tuh sama dengan nilai rata-rata kelas gw. Semester ini pa kabar yak..auuu ahhh..

Nah, mereka-mereka (7 point di atas_red) itulah yang membuat semangat belajar gw menurun. Bikin hidup susah tuh, makan tak enak tidur pun tak nyaman (agak lebai kayaknya, padahal makan mah ya tinggal makan malah tetap lahap lagi, hehe..maaf ya ^^)
Hasil UTS tuh bener-bener sukses bikin gw desperado deh… Bukannya gw gak bersyukur dengan apa yang sudah gw dapat tapi jujur gw malu sama orang tua gw, sama saudara-saudara gw juga. Gw rasa gw tuh dari dulu hanya bisa bikin malu mereka saja. Apa yang bisa gw banggain klo ketemu mereka? Nilai UTS yang jelek? UAS yang hancur? IP yang jeblok??
Aaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrgggghhhhh…gw benci dengan diri gw yang bodoh ini!!
Kok gw merasa hanya membuang-buang duit nyokap gw ya dengan cara kuliah gw dan nilai yang gw dapat. Gw merasa gak adil aja sama mereka. Nyokap gw udah bayar mahal buat kuliah gw, tapi nilai gw sama sekali gak memuaskan bahkan mengecewakan! Maafkan anak mu yang cantik ini, Mom…T.T

Tapi…
Walau bagaimana pun gw harus tetap menghadapi perang ini dengan atau tanpa amunisi dan peluru yang terisi penuh, dengan atau tanpa mental baja. Belajar selagi bisa belajar dan belajar untuk betah menatap huruf-huruf dalam slide, diktat dan latihan soal.

Entah berhasil atau gak yang penting gw ikut ujian dengan seluruh kemampuan gw dan dengan penuh percaya diri. Apa pun hasilnya, mau jelek atau gak atau IP gw jeblok apa gak ya gw serahin ke Tuhan gw aja. Gw yakin Dia pasti tau kemampuan dan usaha yang udah gw lakukan jadi Dia juga yang paling tau gw pantasnya dapat nilai dan IP yang bagaimana.

Gw akui klo selama semester tiga ini gw malas belajar. Gak tau kenapa ya, mungkin gw gak suka aja dengan mata kuliahnya yang agak berat buat gw (menurut gw sih, gak tau klo menurut temen-temen sekelas gw). Terkadang timbul penyesalan mengapa gw harus masuk dan terjerumus ke dalam departemen ini. Gw punya banyak mimpi dan harapan dengan departemen gw dan gw sekarang mulai ragu apakah gw mampu untuk mewujudkan itu semua dan apakah gw mampu bertahan di departemen gw, Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan.
Ya, memang hanya gw yang bisa menjawab itu semua and yeah, we’ll see it…

1 komentar:

  1. ka tiur smangaaaaat !
    pasti bisa :)
    aku juga sempet ngrasa gt ka waktu ngliat nilai uts. aku kan baru jd mhasiswi,jd masi beradptasi and smpet pusing shock ngliat nilai2 uts kmaren,tp pas uas aku uda usaha smaksimal mungkin.
    smoga kita dapet yg tabik ya kaa !! amin :D

    SMANGAT !

    BalasHapus

Search